Tahapan Seorang Entrepreneur dalam Meniti Bisnis

Tips Marketing | Tips Bisnis | Tips Entrepreneur 

Entrepreneur saat ini telah menjadi trend di kalangan muda, hal ini terbukti dengan lahirnya para pengusaha-pengusaha muda muda terus bermunculan dari tahun ke tahun, mereka hadir dengan mengusung berbagai kreativitas, ide dan semangat baru di berbagai segmentasi bisnis yang mereka tekuni.

Kemampuan dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya telah menjadi pelengkap dalam mengokohkan dan mengembangkan usaha mereka.

Seorang entrepreneur akan selalu memacu semangatnya, selalu memotivasi diri, dan tidak ada kata gagal bagi entrepreneur, yang ada hanyalah sukses atau belajar. Seorang entrepreneur akan melihat sebuah masalah sebagai suatu tantangan. 

Entrepreneur
Foto: thenewstribe.com 

Tahukah Anda tahapan-tahapan apa saja yang umumnya dilalui oleh para entrepreneur dalam meniti bisnis mereka? Simak uraian dibawah ini:

1. Tahapan Mencari Ide atau Konsep Bisnis

Pada tahapan ini seorang entrepreneur akan mempelajari secara mmendalam tentang konsep bisnis yang akan ia jalankan, biasanya seorang entrepreneur akan mencari ide dan inspirasi melalui berbagai cara, misalnya dengan membaca buku, majalah bisnis, internet, mengikuti seminar, meminta saran dar pebisnis senior, atau melaukan survey ke lapangan.

2. Tahapan Memulai Bisnis

Pada tahapan ini entrepreneur akan berfokus pada strategi penjualan dan promosi. Dalam tahapan ini diperlukan semangat juang dan tekad yang kuat, karena merupakan spirit yang akan membuat entrepreneur bangkit saat ditempa kegagalan.

3. Tahapan Peningkatan Profit Usaha

Pada tahapan ini entrepreneur akan fokus pada peningkatan keuntungan bisnis atau memperbesar margin keuntungan, memikirkan cara agar konsumen menjadi senang atau puas, sehingga akan terus membeli atau menjadi pelanggan setia dan lain sebagainya.

4. Tahapan Membangun Sistem Kerja atau Sistem dalam Bisnisnya

Pada tahapan ini seorang entrepreneur akan membuat berbagai sistem yang menunjang berbagai aktivitas bisnisnya, seperti membuat Standard Operating Procedure (SOP), sistem proses order, sistem penjualan, sistem penggajian karyawan dan lain sebagainya.

5. Tahapan Pengembangan Bisnis

Tahapan ini adalah tahapan terakhir dimana usaha atau bisnis yang telah dirintis dari awal telah membuahkan hasil, seorang entrepreneur tentu akan terus mengembangkan bisnis atau usahanya dengan cara membuka cabang baru, membuka sistem kemitraan, membuka sistem waralaba, mencari berbagai ide bisnis baru dan lain sebagainya. (WM)



(Berbagai sumber)

{ 1 komentar... read them below or add one }

fadhila rizki mengatakan...

good

My blog

Posting Komentar