Pentingnya Membangun Brand Identity

Info-DigitalMarketing.com - Brand identity merupakan suatu konsep yang menjadi dasar dari teori sebuah brand, jika diibaratkan brand identity adalah 'nyawa' dari sebuah brand.

Brand identity memiliki peranan yang sangat penting, selain sebagai identitas suatu produk, jasa atau identitas sebuah perusahaan, brand identity juga berfungsi sebagai patokan dari program menyeluruh strategi dari suatu perusahaan, sebagai landasan dari sistem operasional suatu perusahaan, sebagai tiang dari jaringan (network) yang baik bagi perusahaan, alat jual dan promosi, dan lain sebagainya.

Brand Identity
Foto: wix.com

Beberapa faktor yang dapat membangun brand identity diantaranya sebagai berikut:
  • Servis atau Jasa yang Ditawarkan
Saat pelaku usaha mampu memposisikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen dengan baik maka brand identity akan terbangun dengan baik, variablenya meliputi features, benefit, target market, target audience dan positioning statement.
  • Visual
Menerjemahkan brand identity kedalam bentuk visual merupakan salah satu faktor penting untuk membangun brand identity secara visual. Variabelnya adalah logo, visual graphic dan lain sebagainya.
  • Slogan
Kata-kata atau slogan yang digunakan untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan akan menjadi jembatan komunikasi untuk menghubungkan dengan konsumen. Variabelnya meliputi nama brand, descriptor dan positioning tagline.
  • Kisah atau Pengalaman tentang Brand Tersebut
Pengalaman konsumen ketika menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan juga akan membangun brand identity. Variabelnya adalah identity, technology support, collateral, retail store, online shoping dan lain sebagainya.


Keempat faktor diatas pada akhirnya akan bermuara pada sebuah identitas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, identitas tersebut terbentuk dari berbagai opini publik dan karakter yang Anda bangun dalam brand tersebut. 

Jadi, fokus dalam membangun brand identity merupakan hal penting yang perlu untuk dicermati oleh setiap pelaku bisnis atau usaha. (Berbagai sumber)



(Oleh: Wahyu Munajat)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar