Brand Nasional Seharusnya Berjaya di Nasional!

Apa yang terbesit di benak Anda jika market Indonesia dikuasai oleh brand-brand asing? 

Mengacu pada pertanyaan diatas, entah disadari atau tidak serbuan brand-brand asing kian mengepung semua sektor bisnis dan semakin mengancam brand-brand lokal. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, lambat laun brand nasional akan tenggelam dibawah dominasi brand-brand asing.

Bukankah seharusnya brand nasional berjaya di nasional?

Salah satu dampak dari dominasi brand-brand asing adalah keuntungan-keuntungan yang seharusnya diraih oleh brand-brand Indonesia akan berkurang karena tersedot ke negara lain sebagai pemilik brand-brand asing tersebut. 

Aku cinta produk Indonesia
Foto: Ist

Untuk mengatasi hal ini, dukungan atau berbagai upaya dari konsumen, produsen dan pemerintah mutlak diperlukan.

Dukungan dari sisi konsumen dapat dilakukan dengan cara meningkatkan rasa cinta terhadap produk-produk dalam negeri, tentunya dengan membeli produk-produk atau brand lokal.

Sedangkan dari sisi produsen dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas produk, tentunya dengan terus berinovasi dan meningkatkan, sehingga dapat meningkatkan daya saing dengan brand-brand asing.

Dukungan yang terakhir adalah dari pemerintah, dukungan pemerintah memegang peranan yang sangat penting. Berbagai upaya pemerintah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan berbagai bisnis di Tanah Air.

Dukungan pemerintah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memberi bantuan dalam hal permodalan, pembinaan dan lain sebagainya terhadap UMKM, agar UMKM mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas produknya.

Pada akhirnya, semua upaya yang kita lakukan akan bermuara pada satu harapan, yaitu brand-brand nasional dapat berjaya di negeri sendiri.

(Oleh: Wahyu Munajat)



Rekomendasi:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar